Minggu, 10 Mei 2009

Bekerja adalah Ibadah

Beragam cara dilakukan oleh orang-orang untuk dapat mencukupi kebutuhan hidup dirinya dan keluarganya. Tak terkecuali bagi penulis yang selalu ingin membahagiakan anak istrinya. Tentu saja harus dengan cara-cara yang halal( islamic rule).
Menurut pandangan penulis yang juga seorang muslim, pekerjaan merupakan sebuah ibadah. Semua dikerjakan atas dasar ingin mendapatkan ridho dari Penciptanya.
Pertanyaan mendasarnya adalah apakah hasil yang kita peroleh sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga? Jawaban bernada tidak puas pasti akan mendominasi pertanyaan ini. Bagi penulis ini suatu hal yang lumrah, karena pada hakekatnya manusia tidak akan pernah merasa puas terhadap sesuatu yang sudah dimilikinya. Yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapi hal ini agar tidak mengecewakan semua pihak. Mengajarkan keluarga agar senantiasa bersyukur atas apa yang sudah diraih, tetap bekerja dengan baik dan ikhlas meskipun dengan penghasilan yang pas-pasan, dan bersyukur kepada Allah SWT atas karuniaNya serta meyakini bahwa rezeki tidak akan tertukar dengan orang lain dan Tuhan tidak pernah tidur.

(sebuah renungan penulis/ 10 Mei 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar